Kamis, 13 November 2014

Rental Mobil


C.    Desain Aplikasi

Pada tahap desain aplikasi ini, mulai menggunakan aplikasi Netbeans berupa GUI (JFrame Form). Pertama-tama dibuat dahulu data simpanan peminjaman mobil untuk menyimpan data, desain yang dibuat seperti berikut :



  









D.    Pembuatan Coding

Setelah data tabel diimplementasikan ke sistem(bahasa MySQL), langkah selanjutnya yaitu pembuatan coding program. Pada tahap ini diperlukan aplikasi Neatbeans juga Apache dan MySQL diaktifkan pula. Berikut langkah-langkah pembuatan coding :
Sebelum membuat coding, diatur dulu sistem database di netbeans agar dapat terhubung. Caranya seperti berikut :
Pada folder project dibuka, lalu klik kanan pada folder library. Dan pilih add Library.



                         Setelah itu, akan otomatis muncul jendela berikut, dan pilih MySQL JDBC Driver dan pilih Add Library.


Pertama yang dilakukan membuat koneksi terlebih dahulu ke dalam database, untuk membuat koneksi digunakan coding seperti berikut :




File koneksi.java ini dibuat untuk menyambungkan netbeans ke dalam database yang telah dibuat tadi.
Setelah membuat koneksi ke databse, dibuat pemanggilan data koneksi agar bisa terhubung ke dalam program.






Pilih menu Design lalu klik kanan pada Button Data Mobil Yang Tersedia à Eventà Action à actionPerformed. Begitu pula untuk Button data Penyewa. Lalu ditambahkan coding tersebut diatas maksutnya apabila tombol Data Penyewa di klik, maka akan otomatis langsung tertutup dan langsung masuk ke dalam file pinjam.java dimana file tersebut terdapat tabel data penyewa.
setelah mengatur kedua button diatas, lalu mengatur button simpan dengan cara klik kanan seperti di atas, lalu akan muncul otomatis action performednya, dan tambahkan coding berikut :

Gambar 4.9 Button Simpan


Penjelasan : memperkenalkan dulu apa yang didapat dari isian yang diisi. Lalu mengkoneksikan ke dalam database dan memasukkan apa yang didapat dari isian itu ke dalam database. Apabila berhasil, maka muncul pesan berhasil tapi apabila terjadi kesalahan maka muncul pesan “Ada yang salah”.
Selesai menangani Button dan memasukkan data, pengaturan selanjutnya untuk tarif sewa mobil per harinya. Dengan kita klik kanan pada JtextField6 pilih Eventà Action à actionPerformed. Dan muncul otomatis performed berikut dan tambahkan coding :

Gambar 4.10 jTextField Action


Setelah pengaturan file data.java selanjutnya mengatur file mobil.java sbb :

Gambar 4.11 file mobil.java


Coding diatas mensetting dan membuat void tabel agar terisi oleh tabel yang di select dalam database. Dengan memenggil file koneksi.java terlebih dahulu, lalu menseeting tabel untuk diisi dengan membuat void seperti di atas, coding ini untuk menyimpan entry data yang telah dimasukkan pada data.java. Agar tidak terjadi error, maka perlu pemanggilan default tabel dan penulisannya di bawah package seperti berikut :


Gambar 4.12 Import Tabel

Gambar 4.13 Void Datatabel


Coding diatas mensetting dan membuat void tabel agar terisi oleh tabel yang di select dalam database. Dengan memenggil file kineksi.java terlebih dahulu, lalu menseeting tabel untuk diisi. Coding


 

 

Gambar 4.14 Menambah Data


 

Gambar 4.15 Button Tutup


Coding diatas di setting agar apabila Button tutup di klik maka akan muncul GUI di file data.java dan GUI mobil.java tertutup.





Gambar 4.16 Void Data


Coding di atas di buat untuk membuka isi dari tabel penyewa dan dimasukkan ke dalam tabel GUI/JFrame Form Netbeans dengan void bernama data. Dan tentunya tidak lupa memenggil file koneksi.java.
Setelah itu buat Button Tutup dan di action untuk memberi aksi apabila button tersebut di klik. Ketika di klik maka akan berpindah ke file data.java dan GUI pinjam.java tertutup.

Gambar 4.17 Button Action




Gambar 4.18 Menu Hapus

Pada tampilan aplikais diatas, terdapat menu Hapus untuk membuat aksi menu tersebut perlu action muoseclicked pada tabel, dan JtextField sebagai tempat PK nya. Saat tabel diklik/di pilih salah satu maka PK nya itu muncul dalam JtextField lalu dengan PK yang terdapat pada JtextField tersebut, data yang dipilih tersebut dapat terhapus.
Untuk langkah pertama klik kanan pada Jtable à Action à Mouse à MouseClicked. Setelah itu dibuat dulu void untuk hapusnya. Dengan pengaturan sebagai berikut :

Gambar 4.19 Void hapus dan hapus2


Gambar 4.20 Button dan MouseClicked


Setelah Method dibuat, maka method dipanggil pada JtableMouseClicked. Dan coding untuk perintah delete di tulis pada JbuttonActionPerformed seperti coding diatas. Coding dan cara-cara diatas untuk menghapus file/data yang ada di tabel kendaraan yang dipinjam, untuk penghapusan pada tabel persediaan mobil tata caranya juga sama. Tetapi untuk select tabel ke dalam databasenya yang berbeda. Untuk persediaan mobil codingnya sebagai berikut :

Gambar 4.21 Button dan MouseClicked 2



2 komentar :